Emergency Oil Change

Karena kesibukan yang terlalu banyak kalau tidak bisa di bilang malas, oli si merah sudah agak telat bulan ini. Biasanya saya ganti sekitar 30 hari atau satu bulan menurut kalender berjalan, kalender koq ya jalan tho mas nanti mau lihat gimana ?.

Memang beberapa hari sebelumnya saya rasakan tarikan si merah agak kurang, tidak responsif walau masih bisa lari sampai 110an kpj di pondok indah, saya hanya kepikiran karena si merah sering menerobos banjir dan kehujanan jadi rantenya kurang pelumas, jadi hanya fokus ke rante beserta keluarganya. Namun setelah dihitung-hitung ternyata sudah waktunya ganti oli, sebelumnya saya punya catatan pergantian oli periodik yang saya tempel di tangki bagian dekat jok si merah, karena sering kehujanan catatan itu ngeletek dan hilang.

Sudah hampir jam 10 pagi saya baru membeli oli untuk si merah, karena Pom Pertamina agak jauh jadi mesin si merah lumayan panas, sampai dirumah langsung dikipasi agar cepat dingin. Sekitar 1 jam mesin agak dingin, lalu buka baut oli dibagian bawah dengan kunci T 12, saya gunakan kunci T agar tenaga saat memutar lumayan kuat dan menghindari selek kepala si baut, kalo gundul khan kasian !.

Dikipasi aga cepat dingin

Lalu oli diboarkan mengalir sukarela ke dalam penampungan yang sudah disediakan, sampai tetesan terakhir, kayak iklan susu anak-anak , goyang-goyang si merah, ganjel ban depan agar oli keluar semua tak lupa di sela beberapa kali untuk meyakinkan.

Penampungan oli

ganjelan

Setelah yakin baru tutup lubang bawah, lalu tuangkan si Pertamina Enduro 4T Racing dengan Sae10w/40 seharga Rp 42.500 perak sebanyak 1200ml, jadi 1 botol plus 1/5 botol ( total jadi ada sisa 4/5 botol ), untuk pergantian periodik scorpio memang segitu, abaikan si oil cooler tambahan, doi udah nyimpen stock sendiri sekitar 150 ml di badannya.

sampai tetes terakhir

Harus yakin keluar semua

Kita Untung, Bangsa Untung, Semoga !!!

Setelah selesai tutup aja baut atas, panasin sebentar trus intip dari lubang ‘penginjen’ oli, kalo kurang tambahin kalo lebih ikhlasin sama tunggangan koq perhitungan,,,hehehee. Setelah beres trus cabut nguli masuk siang total waktu sekitar 2 jam aja, pergantian yang aman dan nyaman terutama buat kepala si baut.

 

This entry was posted in mBengkel motor and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a comment